Sakh Oliabam (SEGERA)


Dentingan logam yang beradu. Darah segar yang berterbangan dari tebasan juga tusukan senjata. Sungai Balia berwarna merah. Alirannya yang nyaris tidak bergerak, membuat darah semakin rapat menutupi setiap sudut air.
Bayangan hitam melesat di udara, keluar dari tengah-tengah gerombolan Dormuz. Sesosok tubuh melayang ringan. Bagaikan waktu yang tiba-tiba terhenti. Gerakannya naik dengan lembut. Sebuah pedang bersinar kemilau di tangan kanannya. Terangkat tinggi di atas kedua tanduk besar yang melingkar di sisi kepalanya, aroma kematian segera menyebar di sekitar besi berukir tebaran bunga di sepanjang mata pedang. Menggenggam erat gagang yang berhias lilitan kawat putih dan permata darah di ujungnya, mata makhluk itu yang menyala merah menatap sosok kurus jauh di bawahnya.

Oct 4, 2009

Kreasi Unik Batik Ikat

Siapa tidak kenal batik? Keindahan kain tradisional ini sudah populer bahkan di dunia internasional.

Batik Kerap menghiasi halaman mode majalah fesyen dunia. Bahkan Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandella pun tampil mengenakan kemeja dari kain batik.
Batik merupakan warisan turun temurun dari nenek moyang Indonesia. Pertama kali batik diperkenalkan pada dunia internasional oleh Almarhum Mantan Presiden Soeharto, yang pada waktu itu mengenakan batik pada Konfrensi PBB.


click picture to enlarge

Teknik membatik sendiri telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Diduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, yang kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga populer di beberapa negara di Benua Afrika.


click picture to enlarge

Salah satu batik yang populer adalah batik ikat. Batik ini tidak seperti batik tradisional yang dibuat menggunakan canting. Cara pembuatan batik ikat ialah terlebih dahulu kain diikat untuk kemudia dicelupkan dalam cairan pewarna. Proses ini akan menghasilkan berbagai motif seperti polkadot, bintang, motif garis atau simetris.

Saat ini jenis batik ikat lebih dikonsentrasikan untuk industri pariwisata khususnya daerah tropis. Keaslian batik ikat menghasilkan kreasi yang unik dalam segi desain dan ketrampilan. Keunikan ini pula yang mampu memikat konsumen dengan kesadaran tinggi akan fesyen, serta mereka yang mencari penampilan yang berbeda.

Sudah bukan jamannya lagi batik dianggap kuno. Dengan kreasi unik dan padu padan yang sesuai, batik mampu menampilkan nuansa trendy dan stylist.


click picture to enlarge

Saatnya menggunakan batik produk asli Indonesia dan buktikan bahwa ini adalah tradisi nenek moyang kita.

Robby Syahputra
Yogyakarta Mei 01st'08

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More